Dua Hari Keliling Seoul (Korea), Kemana Aja?

Dua hari? Ngapain aja sist? Hobi flash travel banget sist?
sumber gambar : dok. pribadi


Yup! Benar sekali pemirsa. Perjalanan saya ini memang bisa dibilang flash travel banget, atau kalau ada istilah lain yang lebih cocok untuk mewakili betapa singkatnya perjalanan saya ini, teman-teman bisa ganti dengan sebutan lain hehe kepepet travel misalnya :D

Jadi, sebenarnya saya ke Korea itu karena urusan pekerjaan selama 4 hari. Nah, mumpung ada kesempatan ke Korea, saya sengaja perpanjang stay di Korea 2 hari lagi (jatah yang diperbolehkan dari pekerjaan saya). Selama 4 hari saya hanya berada di dalam gedung dan tidak ada acara city tour, jadilah saya hanya punya dua hari tersebut untuk keliling Seoul. Dua hari tentu tidak cukup keliling Seoul, tapi kalau kamu susun itinerarynya dengan baik, yaaah setidaknya bisa lah kamu mengunjungi spot-spot yang cukup terkenal dan cukup meyakinkan biar orang-orang pada percaya kalau kamu pernah ke Korea hehe

Nah, kalau di antara kalian ada yang bernasib sama dengan saya, hanya punya waktu singkat untuk jelajah Seoul, sendiri pula? Jangan khawatir! Simak perjalanan seru-seruan saya selama dua hari di Seoul, meskipun singkat tapi sangat berkesan di hati. Kuy!




Mungkin kamu bertanya-tanya, walaupun singkat apa sih persiapan-persiapan yang wajib banget kamu persiapkan, yang kalau kamu sampai kelupaan tuh bikin seru-seruan singkat kamu di Korea gatot alias gagal total! Jangan sampai deh. Jadi, hal-hal esensial yang perlu kamu persiapkan ya sudah pasti visa hehe tapi di sini kita nggak akan bahas proses pengurusan visa, saya anggap kamu sudah lulus untuk itu. Di sini saya hanya akan menuliskan bagian perjalanannya saja. 

sumber gambar : businesskorea.co.kr

1. Pastikan sudah tukar uang rupiah ke won dan jangan tukar di bandara
I know, sebenarnya tips ini basic banget sih apalagi buat kalian yang sudah terbiasa traveling ke luar negeri. Kali aja ada yang lupa, cuma mau ingetin. Lebih baik jauh-jauh hari persiapkan, jangan seperti saya yang kepepet dan harus tukar uang di bandara, rugi! yang tadinya bisa dapet banyak won jadi malah dapet sedikit, belum lagi rupiah yang tukar untuk dua hari juga cuma sedikit. Saya tukar 2 Juta rupiah, kalau soal uang yang di bawa ini mungkin relatif bagi tiap orang. Tergantung mau beli banyak oleh-oleh apa nggak, atau mau menginap dan makan di tempat seperti apa. Dua juta selama di dua hari untuk berkeliling-keliling termasuk oleh-oleh yang ala kadarnya (mainan kunci, pulpen, aksesoris k-pop), aku bilang pas-pasan banget, sangat hemat malahan.

Trus, kalau mau tukar di Korea sebenarnya bisa juga. Untung-untungan bisa tukar dengan harga normal atau malah lebih mahal, yang jelas nggak akan pernah lebih murah deh hehe. Tapi ingat kalau travelling nya mepet begini seperti saya, mendingan urusan yang beginian diselesaikan sebelum berangkat deh. Sayang banget kan waktu 2 harinya berkurang buat cari-cari money changer. That's why, aku masukin ini sebagai salah satu list yang perlu banget kamu siapkan.

sumber gambar : google.com

2. Sepatu atau sendal flat yang nyaman
Mungkin kamu ingin terlihat cantik saat berada di Korea, khususnya untuk foto-foto, dan kamu mau pakai heels, boots dengan heels, atau wedges kamu biar kelihatan instagramable atau ala syahrini gitu, lupakan dulu! Karena kita itu konsepnya flash travel, kamu harus siap lari ke sana kemari biar semua spot yang mau kamu kunjungi dalam dua hari bisa didatangi. Dan yang namanya seru-seruan di Seoul itu harus siap jalan dari stasiun bus/kereta bawah tanah yang satu ke yang lain, belum lagi tangga di sana pada tinggi-tinggi banget, sanggup kamu naik anak tangga yang tinggi itu pakai heels? yang ada kamu malah buang energi. Alhasil kecapekan dan nyerah mau lihat semua destinasi. Huft, jangan sampai!

sumber gambar : mappery.com

3. Download map dan aplikasi kereta bawah tanah
Wah, ini sangat membantu saya sekali saat keliling Seoul. Kamu juga wajib punya sebelum berangkat ke Korea, bisa kamu pelajari dulu, biar familiar nih, rute-rute mana saja yang bisa kamu ambil menuju destinasi yang kamu inginkan. Saya sarankan sih kamu naik subway, lebih gampang dibanding naik bus kalau menurut saya. Apalagi dengan adanya aplikasi Subway yang bisa kamu download di Playstore, kamu hanya perlu memasukkan lokasi awal dan tujuan kamu, aplikasi tersebut akan memperlihatkan rute dan line subway yang harus kamu naiki. Simpel banget pokoknya.

sumber gambar : starrguide.com

4. Beli t-money
T-money ini kita gunakan untuk pembayaran transportasi bus, subway, taxi. Bisa di beli di super/mini market GS25, CU, 7-Eleven, Ministop, Withme, By the way, Story Way, dan sebagainya. Waktu itu saya belinya di salah satu store di bandara incheon. Saya sarankan sih lebih baik beli di bandara, apalagi dari incheon ke seoul kan naik subway. Kalau mau cepat kamu bisa sih naik Express Train, beli tiketnya di bandara dan turun di Seoul Station, kamu bisa mulai beli T-money di sana. Tapi saya sarankan beli di bandara aja, dan kalau tidak terburu-buru naik All-Stop Train menggunakan T-money. Untuk T-money harganya 2500 - 8000 won katanya. Kurang tahu juga apa bedanya, waktu itu saya diberi harga 4000 won. Kemudian saya masukkan saldo sebanyak 20.000 won sekitar 200.000an untuk transportasi 2 hari perjalanan saya, ternyata sisa 4000 won hingga saya pulang.







Aku nggak tahu sih, preferensi kamu saat milih penginapan itu seperti apa. Kalau aku sih karena emang budget pas-pasan dan emang bakal lebih banyak menghabiskan waktu di luar selama dua hari tersebut (di luar 4 hari pekerjaan saya), saya pilih penginapan yang murah tapi nyaman dan aman buat tidur. Prinsipnya, nggak mau banget keluar banyak duit buat tempat numpang tidur doang hehe. Nah, buat kamu yang sama seperti aku, mungkin bisa ngikutin tempat nginap aku. Murah banget 2 malam harganya 25000 won sekitar 270ribuan kali ya. Namanya Kimchee Downtown Guesthouse.

sumber gambar : booking.com

Aku nggak tahu sih, preferensi kamu saat milih penginapan itu seperti apa. Kalau aku sih karena emang budget pas-pasan dan emang bakal lebih banyak menghabiskan waktu di luar selama dua hari tersebut (di luar 4 hari pekerjaan saya), saya pilih penginapan yang murah tapi nyaman dan aman buat tidur. Prinsipnya, nggak mau banget keluar banyak duit buat tempat numpan

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.