Buka Banyak Kesempatan dengan Jago Bahasa Asing

"Percaya nggak kalau jago bahasa asing bisa membuka banyak kesempatan dalam hidup kamu?"
sumber : dok. pribadi


#GebyarBuzzTalkAsia Mulai dari kesempatan untuk memperoleh beasiswa pendidikan ke luar negeri, pekerjaan dan karir yang lebih baik, kesempatan punya penghasilan tambahan, bisa punya banyak kenalan dari berbagai negara, jalan-jalan ke luar negeri dengan rasa percaya diri, dan banyak kesempatan-kesempatan baru lainnya hanya dengan modal jago bahasa asing. Minimal bahasa inggris deh.


Jujur, Saya sendiri sudah banyak menikmati manfaat dari bisa berbahasa inggris. Semasa kuliah, Saya beberapa kali mendapatkan kesempatan ke luar negeri melalui beasiswa untuk keperluan akademik. Mulai dari konferensi internasional, pertukaran mahasiswa, kursus singkat tanpa harus mengeluarkan biaya sedikit pun. 


Modal saya hanya kemampuan bahasa inggris seadanya. Menurut pengamatan saya, sebenarnya banyak mahasiswa yang lebih pintar dibandingkan saya pada saat itu. Namun, banyak diantara mereka yang lemah dalam kemampuan bahasa dan tidak minat belajar meningkatkan skill bahasa asing. Alhasil, banyak peluang emas yang terlewatkan.


Setelah memasuki dunia kerja, Saya juga merasakan hal yang sama. Saya selalu setingkat lebih maju dibandingkan rekan-rekan yang tidak mau mengasah kemampuan bahasa asing. Penawaran-penawaran untuk pengembangan diri pegawai atau training ke luar negeri sudah pasti mensyaratkan kemampuan bahasa inggris. 


So, you must prepare! Apalagi, saat ini kita sudah berada di era globalisasi dimana sekat-sekat negara kian kabur dengan pertumbuhan teknologi komunikasi yang semakin canggih dan membentuk fenomena Global Village atau Desa Global. Masing-masing kita merupakan bagian dari warga Desa Global tersebut atau disebut juga dengan Global Citizen. Untuk bisa bertahan dan eksis dalam tatanan dunia yang semakin maju dan tumbuh dengan cepat ini, bisa berbahasa asing menjadi salah satu kemampuan yang wajib kita miliki. 



Pengen Bisa Bahasa Asing, Tapi...


Menurut pengalaman di sekeliling saya, banyak sekali orang yang mengaku sangat berkeinginan bisa bahasa asing. Sayangnya, banyak diantara mereka yang bingung harus mulai dari mana, sudah merasa terlambat, nggak punya waktu, susah dan sederet alasan lainnya. Di usia berapapun kamu saat ini dan apapun kesibukan kamu saat ini, nggak ada kata terlambat dan sia-sia untuk belajar bahasa asing. Lebih cepat kamu memulai, lebih baik.

 

sumber : canva.com

Beberapa cara yang pernah saya coba ini bisa kamu praktikkan untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing kamu. Ada empat aspek yang harus dilatih untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing yakni Listening, Reading, Speaking, dan Writing.

  • Listening 
Listening atau mendengarkan merupakan salah satu aspek penting dalam mempelajari bahasa asing. Untuk dapat menguasai bahasa apapun, kita harus membiasakan telinga kita terbiasa dengan kosakata dari bahasa tersebut. Untuk melatih telinga, saya biasanya membiasakan diri untuk mendengarkan podcast-podcast berbahasa asing, mendengarkan lagu, menonton berita dan film dengan bahasa asing. 

Belajar bahasa asing tidak serumit itu kok, dengarkan sesuatu yang kamu sukai dan bisa dilakukan sembari beraktivitas. Dengan sendirinya, telinga akan terbiasa dengan bahasa tersebut. Seperti bayi yang baru belajar berbicara, ia mendengarkan dari orang-orang dewasa di sekitarnya. 

  • Reading
Reading atau membaca juga dapat memperkaya kosakata yang kita miliki. Biasanya, untuk melatih bahasa inggris, saya membiasakan diri untuk membaca artikel dan buku-buku bahasa inggris secara konsisten.  Melalui praktik membaca ini, saya dapat mempelajari kata-kata baru dan belajar bagaimana menempatkan kesesuaian kata tersebut dalam sebuah kalimat. Semakin banyak kosakata yang kamu miliki, maka kamu akan lebih percaya diri untuk menggunakan bahasa tersebut.

  • Speaking
Speaking atau berbicara merupakan salah satu aspek yang paling ditakuti banyak orang ketika belajar bahasa asing. Tetapi jangan langsung takut, karena hal ini bisa dilatih kok. Latihan yang biasa saya lakukan adalah melatih pengucapan atau pronunciation. Cara yang saya lakukan adalah membaca artikel bahasa asing dengan suara keras dan lantang. Hal ini untuk melatih mulut kita tidak kaku untuk melafalkan bahasa tersebut.

Selain itu, saya juga membiasakan untuk berbicara sendiri di depan cermin mengenai keseharian saya dengan menggunakan bahasa yang sedang saya pelajari. Practices make perfect! kuncinya adalah praktik secara konsisten. Bisa juga menggunakan platform sosial media untuk mencari tandem orang luar negeri untuk melatih conversation.

  • Writing
Writing atau menulis adalah salah satu aspek yang cukup sulit dikuasai dari belajar bahasa asing. Biasanya saya melatihnya dengan menulis hal-hal sederhana seperti menulis caption di instagram dalam bahasa inggris, menulis jurnal pribadi dalam bahasa inggris. Namun, untuk keperluan yang lebih serius seperti akademik dan pekerjaan, saya menyarankan agar selain otodidak juga dibantu dengan mengambil kursus. Hal ini untuk menghindari kesalahan-kesalahan fatal. Ada baiknya kita belajar dari ahli langsung lewat tutor-tutor berpengalaman di kursus-kursus bahasa asing.







sumber : dok. pribadi


Selain otodidak, Ikuti Kursus Bahasa Asing

Selain melakukan praktik-praktik di atas untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing saya (dalam hal ini bahasa inggris), sejak di bangku sekolah Ibu saya sudah mendaftarkan saya untuk mengikuti kursus. Mengikuti kursus tersebut memberikan dampak dan manfaat besar dalam perkembangan hidup saya hingga saat ini. 

Bahkan hingga saat ini ketika saya sudah bekerja, saya masih menyempatkan diri untuk mengikuti kursus bahasa asing khususnya untuk kepentingan persyaratan studi S2 saya ke luar negeri. Saya bersyukur saat ini sudah banyak kursus bahasa asing secara online, sehingga bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun tanpa mengganggu pekerjaan. Berikutnya, saya berencana menambah skill bahasa asing selain bahasa inggris. Seperti bahasa mandarin, jepang, korea, dan lainnya.

Beruntung, saya sudah menemukan salah satu tempat kursus yang juga bisa kalian coba untuk belajar bahasa asing yakni BuzzTalk AsiaBuzzTalk Asia merupakan penyelenggara kursus yang memiliki paket pembelajaran multi bahasa dengan jaminan garansi pasti bisa. Ada empat bahasa sekaligus yang bisa kamu pelajari; bahasa inggris, bahasa mandarin, bahasa jepang, dan bahasa korea. Bisa tinggal pilih paketnya saja. Untung banget kan, bisa belajar banyak bahasa dengan jaminan garansi pasti bisa, lho!

sumber : buzztalk.asia (edit)

Selain itu, untuk orang-orang yang bekerja seperti saya, BuzzTalk Asia juga sangat membantu karena ada pilihan kursus bahasa via online. Kalau mau fokus kita juga bisa pilih kelas private dengan jumlah siswa maksimal 3 orang. Bahkan bisa lebih fokus lagi dengan pilih kelas program intensif 1 on 1 course hanya satu siswa. 

Saya yakin, kalau kamu konsisten belajar otodidak dan dibantu dengan mengikuti kursus di tempat yang tepat seperti BuzzTalk Asia, kamu bisa cepat menguasai dan meningkatkan skill bahasa asing kamu. Dan cepat atau lambat, seperti saya, kamu juga akan merasakan ada banyak kesempatan yang terbuka seiring dengan meningkatknya kemampuan berbahasa asing kamu. Apalagi kalau jago bahasa asing lebih dari satu, lebih banyak lagi pintu kesempatan yang kamu buka. Selamat belajar bahasa asing!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.