Mendidik dan Membangun Karakter Anak Lewat Game Anak Sholeh

Bulan ramadhan dan lebaran adalah momen penting dan paling ditunggu-tunggu bagi perantau seperti saya. Saatnya pulang kampung, bertemu keluarga dan sanak saudara yang sudah lama tidak ditemui. Selain dinantikan pulang oleh kedua orang tua saya, ada "pasukan kecil" yang juga selalu menantikan kepulangan saya, yaitu  keponakan dan adik-adik sepupu. Saya memang menyukai anak kecil dan sering menghabiskan waktu bermain bersama mereka.



(Beberapa keponakan dan sepupu saya)

Saya biasanya mempersiapkan oleh-oleh mainan edukatif seperti mainan balok, puzzle, lego, mainan profesi (dokter-dokteran, guru, polisi), buku mewarnai, buku cerita, kartu flash, dan sebagainya. Namun ada hal menarik dan membuat saya sedikit terkejut dengan pulang kampung kali ini. Saya mengamati bahwa adik-adik sepupu dan keponakan saya sudah berkurang minatnya dengan oleh-oleh seperti di atas. Mereka malah lebih tertarik dengan smartphone saya dan mengeluh ketika tidak menemukan game-game yang mereka inginkan di hp saya.

Beberapa adik sepupu saya yang SD dan anak-anak di lingkungan sekitar rumah saya sudah dibelikan tablet. Keponakan saya yang masih berumur 5 dan 4 tahun tiap hari merengek untuk dipinjamkan smarphone dan mulai minta dibelikan tablet supaya bisa bermain game. Melihat anak kecil bermain gadget merupakan sudah hal yang biasa buat saya ketika di Medan, justru banyak orang tua yang sengaja membelikan gadget agar anaknya punya hiburan dan aktivitas sendiri sehingga tidak mengganggu dan merepotkan. Tetapi tidak di kota kecil kampung halaman saya, Padangsidimpuan. 

Mungkin saya harusnya senang, karena ini menandakan bahwa anak-anak di kampung saya bisa mengikuti perkembangan teknologi layaknya anak-anak di kota besar. Namun, untuk beberapa alasan saya justru merasa sedih. Menurut saya mereka terlalu dini untuk mengenali dan dipengaruhi oleh teknologi super canggih saat ini. Belum lagi banyak sekali pengaruh negatif yang bisa ditimbulkan bagi si anak jika tidak ada pengawasan ketat dari orang tua. Tetapi setelah saya pikir-pikir, ini adalah gelombang zaman yang tidak bisa kita hindari. Sebagai orang tua, satu-satunya cara adalah menyikapinya dengan cerdas.

Karena adik sepupu dan keponakan saya hobi main game, saya akhirnya mulai mencari game-game edukatif. Beruntung, saya menemukan game edukasi islami berkualitas karya anak bangsa yaitu Game Anak Sholeh.



Yuk, kenalan sama Game Anak Sholeh!

Saya dengan senang hati akan mereview game yang sangat menarik ini buat para orang tua yang kebingungan menemukan game berkualitas untuk anak-anaknya. Jadi, Game Anak Soleh ini adalah game android pertama di Indonesia yang tidak hanya memberikan permainan seru untuk anak tetapi juga mengenalkan nilai-nilai kebaikan yang terdapat dalam ajaran islam. Game Anak Sholeh ini dirancang untuk memudahkan para orang tua dalam mendidik pengetahuan islami anak dan membentuk karakter anak yang berbudi luhur sebagaimana dicontohkan oleh karakter-karakter di dalam game.




Jujur saja, saat pertama kali menemukan dan coba memainkan Game Anak Sholeh ini, saya merasa sangat kagum dan bangga. Kagum pada game developer yang punya inisiatif untuk mengembangkan edugame islami seperti ini, dan bangga karena ternyata game developer yang membuat game ini adalah developer game dari Indonesia sendiri yaitu Agate Studio. Saya mendukung 100 persen karya anak bangsa ini.

Dengan membawa misi Sholeh Sejak Dini, game ini memiliki banyak fitur-fitur menyenangkan yang disiapkan untuk membentuk dan menyiapkan anak jadi anak sholeh setiap harinya dan berakhlak mulia. Apa saja fitur nya?





1. Kisah-kisah Nabi Islam disajikan dengan animasi yang berwarna dan membuat anak Anda tidak cepat bosan.

2. 40 seri cerita yang seru dan mengandung nilai positif yang diajarkan dalam Islam.




3. Mini Games yang banyak dan seru untuk dimainkan agar anak Anda tidak cepat bosan.






4. Ada 200 cerita tentang kehidupan sehari-hari yang siap dimainkan dan dekat dengan kehidupan Anak.






5. Tutorial Doa harian dan tata cara Sholat yang ditampilkan dalam format games yang membuat anak lebih tertarik dan lebih cepat menghafal.




6. Bermain bersama 10 karakter yang lucu dengan animasi yang keren.

7. Fitur prestasi yang menambah semangat anak untuk terus bermain.

8. Parent Apps terpisah yang membuat Anda memantau kegiatan permainan anak Anda.



Banyak sekali kan fitur seru Game Anak Sholeh? Bahkan ada juga lho fitur spesial ramadan yang bisa para orang tua manfaatkan untuk memberi pemahaman anak tentang ramadan sejak dini. Aplikasi ini cocok sekali para orang tua jadikan sebagai Game Ramadan pengisi liburanSaya sendiri waktu ramadan banyak menghabiskan waktu bermain game ini dengan keponakan dan adik sepupu. Mereka suka sekali!


(Saya, keponakan, dan sepupu saat bermain game anak sholeh)

(Saya, keponakan, dan sepupu saat bermain game anak sholeh)

Keunggulan Game Anak Sholeh



Yuk, ramai-ramai download Game Anak Sholeh!

Zaman sekarang susah untuk menjauhkan anak dari gadget. Satu-satunya cara yang bisa kita lakukan adalah menyikapinya dengan cerdas, cari aplikasi-aplikasi positif yang bisa mengedukasi anak, salah satunya ya Game anak sholeh. Yang satu ini wajib sekali harus punya, bagi yang belum punya tinggal download di Playstore, atau klik di sini. Buruan, banyak petualangan besar menunggu putra dan putri anda!




*tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog game anak sholeh
















Sumber :
http://sahabatsholeh.com

6 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.