Wujudkan Pernikahan Impian yang Minimalis Jadi Realita, Begini Caranya!

Walaupun saya sendiri belum menikah hehe, tetapi saya tahu banget kalau yang namanya merencanakan pernikahan itu sangat ribet, bikin pusing, dan menguras tenaga sekali. Jangan salah, banyak yang tadinya punya bayangan indah tentang hari pernikahannya, tapi ujung-ujungnya menyerah dan lepas tangan ke keluarga, orang lain, wedding organizer, dll. Terserah gimana baiknya aja deh yang penting bisa nikah! Wedew hahaha bukan berarti nggak boleh diserahin ke orang lain, boleh-boleh aja kok tapi jangan sampai lepas tangan juga dong, apalagi pernikahan itu adalah hari sakral dan momen yang ditunggu-tunggu sekali oleh setiap pasangaan.

sumber : stocksnap.io


Momen spesial dalam hidup kamu jangan sampai berakhir mengecewakan, tentunya harus bersabar dan butuh perencanaan yang cerdas untuk mewujudkan pernikahan impianmu jadi nyata. Sebagai orang yang sudap pernah menyaksikan persiapan pernikahan kakak saya sendiri dan membantu beliau juga mempersiapkan pernikahan, saya mau share sedikit tips-tips yang bisa teman-teman manfaatkan untuk perencanaan persiapan pernikahan, khususnya pernikahan impian dengan dana minim hehe

1. Ide dan Konsep
Yang paling penting tentunya dalam perencanaan pernikahan adalah ide atau konsep yang ingin kalian tampilkan di pernikahan nanti. Eits, jangan khawatir tentunya. Menentukan sebuah tema atau konsep pernikahan tak melulu hanya pernikahan yang punya dana banyak. Dengan dana minim sekali pun kita bisa mewujudkan konsep pernikahan impian kita dengan tips trik yang cerdas tentunya. Yang penting kedua mempelai harus setuju atau memiliki pandangan yang sama terlebih dahulu tentang bagaimana wujud pesta pernikahan mereka nantinya. Jangan cuma mau ikut-ikut trend pernikahan yang kamu lihat di instagram, atau mau menyaingi pernikahan temanmu, hmm... pernikahan bukan gaya-gayaan dan kompetisi say!

2. Busana dan Tata Rias

sumber : stocksnap.io


Untuk membantu kamu meminimalkan biaya, kamu pisa andalkan sewa busana pernikahan. Waduh, iya kali busana nikah aja sewa!! well, bisa juga sih kalau memungkinkan kamu menjahitkan baju pernikahan, tidak apa-apa kalau sederhana yang penting usahakan kamu perbanyak lagi aksesoris atau make-up glamour tapi nggak norak ya, yang bisa menutupi kesederhanaan busana kamu.

3. Sortir Tamu Undangan
Karena kamu akan melakukan pernikahan dengan budget minim, mulailah untuk membuat daftar para tamu undangan yang ingin diundang. Menurut pengamatan saya sih ya, dimana-dimana yang namanya pernikahan impian itu mendambakan suasana yang khidmat, intim, dan hangat. Dimana mayoritas para undangan adalah keluarga dan orang-orang penting di circle kedua mempelai. Kalau terlalu ramai dan banyak yang tidak dikenal juga buat apa say? Dengan daftar undangan tersebut nanti kamu bisa tentukan jenis venue seperti apa yang bisa menampung jumlah tersebut, makanan sebanyak apa, kursi atau aksesoris yang disediakan harus berapa banyak, begitu kira-kira.

4. Undangan

sumber : stocksnap.io


Fungsi undangan adalah sekedar untuk memberi tahu, jadi jangan buang-buang banyak budget untuk undagan. Selama undangannya sampai di tangan orang yang bersangkutan dan orang tersebut paham informasi yang ada didalam undangan, sudah selesai dah fungsinya! Boleh-boleh aja tentunya kalau kamu ingin undangan yang menarik, tapi jangan lupa dong sesuaikan dengan budget hihi. Kini banyak lho ide-ide undangan minimalis di internet, bahkan ada tutorialnya. Mungkin bisa kali ya buat sendiri aja kalau cukup waktu :D

5. Pilih Venue Outdoor
Sebenarnya ini hanyalah rekomendasi. Kalau kamu tetap pecinta indoor sah-sah saja kok. Tetapi ada yang menarik menurut saya dengan tema outdoor, khususnya buat kamu dengan budget minim. Cara mensiasati kalau rumah kamu tidak cukup luas untuk menampung tamu undangan atau tidak ingin mengeluarkan biaya untuk sewa gedung, kamu bisa pakai halaman rumah kalau luas. Atau coba hubungi keluarga lain,teman dekat yang punya halaman luas, siapa tahu mereka bersedia untuk meminjamkan. Atau mungkin ada lapangan luas di lingkungan kamu yang bisa disewa, yang jelas sudah pasti lebih murah dibanding sewa gedung. Bagi yang ingin indoor juga tidak masalah. Syukur kalau kamu punya rumah yang cukup luas, kalau tidak boleh juga dirumah keluarga dekat atau usahakan mencari gedung dengan sewa yang minim.

6. Dekorasi 

sumber : stocksnap.io


Berhubung kamu tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk sewa gedung, khususnya venue outdoor, lebih baik uang yang kamu gunakan untuk menggunakan jasa vendor dekor. Kamu bisa cari vendor dan diskusikan dekorasi yang kamu inginkan. Jangan ragu mengungkapkan kondisi budget yang kamu punya, banyak kok vendor dekorasi yang bisa mewujudkan dekor dengan nada minim tapi tetap terlihat elegan. Semuanya tergantung kecerdasan kamu dalam memilih vendor. Untuk dekorasi yang tidak terlalu penting atau kecil-kecil seperti Photobooth misalnya, usahakan mendekor sendiri atau meminta bantuan saudara, keponakan, sepupu, temanmu, masa sih nggak ada yang mau? hihi

7. Makanan

sumber : stocksnap.io


Makanan mah nggak penting mahal, yang penting enak! Kamu bisa pakai jasa katering lokal atau ibu-ibu di sekitar lingkungan rumah hahaha. Beneran lho, pernikahan kakak saya mengandalkan jasa ibu-ibu di lingkugan sekitar yang bersedia untuk masak dengan porsi massal dan digaji tentunya. Ibu saya hanya menyediakan bahan-bahan masakan yang diperlukan, mungkin ide ini bisa kamu terapkan juga.

8. Foto

sumber : stocksnap.io


Fotografi dan video juga salah satu yang paling penting. Percuma kan semua momen udah sempurna tapi pas diabadikan sama amatiran jadinya kesan perfect nya tidak tertangkap di kamera. Momen yang nggak bisa diulang ini sayang banget kalau sampai nggak diabadikan dengan foto-foto dan video yang indah. Memang sih pakai jasa prrofesional bisa mahal banget, mulai sekarang kamu bisa lirik-lirik circle kamu atau pasangan yang ahli fotografi. Untuk album pernikahan, mending kamu buat sendiri. Saatnya kamu aplikasikan sisi kreatifitas kamu. Selain itu, kamu bisa bebas memilih momen yang paling kamu suka untuk diatur penempatannya di album, seru pastinya! Sambil buat album, sambil mengenang kembali momen tersebut.

9. Hiburan

sumber : stocksnap.io


Untuk hiburan juga, tidak perlu sewa singer profesional. Kalau kamu punya teman yang hobi nyanyi dengan suara merdu, saatnya deh kamu andalkan dia. Bila perlu, berani tampil beda buat dengan konsep karaoke! Sudah banyak kok playlist karaoke di internet yang bisa kamu gunakan, kamu tinggal hubungkan dengan speaker. Dijamin! pasti banyak tamu undangan yang ingin tampil dan terhibur.

Bagaimana teman-teman? Minat coba tips yang saya bagikan di atas? Hehehe selain tips di atas saya sarankan mulai sekarang rajin-rajinlah untuk membaca lebih banyak informasi baik di internet, majalah, dan sebagainya. Tidak hanya itu, cobalah untuk mulai mengikuti event-event pernikahan seperti bazaar, exhibition, dan lainnya. Ngomong-ngomong soal exhibition nih, saya punya satu event rekomendasi yaitu 4th Bekasi Wedding Exhibition (BWE) yang wajib sekali kamu hadiri. Acaranya 26-28 Januari 2018 pukul 10.00-21.00  bertempat di Grand Galaxy Convention Hall, Grand Galaxy Mall Bekasi.

sumber : bekasiweddingexhibition.com


Kenapa kamu wajib datang? Karena event ini merupakan event Pameran Pernikahan Terbesar dan Terlengkan di Bekasi. Perlu dicatat juga ini sudah memasuki event keempat, cuy! Kebayangkan, event ini bukan event sembarangan, tapi tahunan! Pameran ini bertujuan untuk menjembatani calon pengantin dengan para pelaku industri pernikahan, mulai dari katering, dekorasi, foto dan video, hiburan, perhiasan, travel, venue, undangan, bridal, dan lain sebagainya pokoknya lengkap deh! Nyesal kalau nggak kemari. Dengan hadir di acara ini, kamu juga berkesempatan memenangkan doorprize harian lhooo! Ada kamera mirrorless, cincin pernikahan, seru kaaan? Buruan deh registrasikan diri kamu secara online di link ini (http://www.bekasiweddingexhibition.com/tiket/) untuk mendapat kesempatan Free Ticket dan hadiah senilai Rp. 5.000.000. MAUU?? MAU BANGEEET DONG PASTINYA!!! 

Buruan Daftar Makanyaaa! :D
*Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog 4th Bekasi Wedding Exhibition (BWE), jika kamu ingin berpartisipasi klik di sini untuk info lomba. #bekasiweddingexhibition #JEEmovement #BWE
SUMBER TULISAN :
https://life.idntimes.com/inspiration/stella/11-tips-cerdas-wujudkan-resepsi-pernikahan-impian-sesuai-budget/full
https://www.bridestory.com/id/blog/12-langkah-merencanakan-pernikahan-impian-dari-raisa-andriana
http://lifestyle.liputan6.com/read/3017639/tips-wujudkan-pernikahan-impian-yang-minimalis
https://www.cermati.com/artikel/tips-hemat-wujudkan-resepsi-pernikahan-impian
http://www.bekasiweddingexhibition.com/

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.