AtmaGo: Media Komunikasi Tolong Menolong Antar Warga

AtmaGo adalah salah satu bukti di antara banyak produk teknologi lainnya yang menunjukkan bahwa kecanggihan teknologi saat ini tak melulu tentang pengaruh negatif.


     Persepsi yang selalu mengaitkan pesatnya perkembangan teknologi saat ini dengan pengaruh negatif memang bukan tanpa alasan. Hampir setiap hari kita disuguhi media dengan pemberitaan yang membuat kita mengelus dada. Pemerkosaan, bully, penipuan, kekerasan, gaya hidup bebas yang dipertontonkan, dan perilaku-perilaku keji lainya yang membuat kita pesimis dengan moral dan nilai-nilai kemanusiaan bangsa ini. Pelaku dan korbannya pun beragam, mulai dari lansia, dewasa, remaja, hingga kanak-kanak, dimana sebagian besar adalah manifetasi dari mental yang tidak siap dengan terpaan kemajuan teknologi yang cepat dan pesat, khususnya teknologi komunikasi dan informasi.

     Beruntung, banyak pula pihak-pihak yang memanfaatkan teknologi untuk berbuat kebaikan. Salah satu di antaranya ialah yang telah saya sebut di atas, yakni AtmaGo. Bagi yang belum tahu, AtmaGo adalah situs web dan aplikasi Android gratis yang dapat digunakan untuk melaporkan masalah, berbagi solusi, mencari pekerjaan, jual-beli barang dengan orang-orang yang kita percaya, dan juga untuk memposting berita tentang apa yang terjadi di lingkungan tempat tinggal kita.




        Hadir sejak tahun 2015, aplikasi AtmaGo dibuat dengan adanya kepercayaan bahwa sulit untuk memahami permasalahan-permasalan yang dialami oleh masyarakat kecil atau berpenghasilan rendah. Mereka adalah yang paling paham atas masalah-masalah yang mereka hadapi di keseharian mereka. Selain itu pula, sering kali masyarakat kecil menjadi komunitas yang paling dirugikan dari kebijakan-kebijakan pemerintah yang tidak merakyat dan menjadi komunitas yang paling rentan saat terjadi bencana. Karena itu, AtmaGo hadir sebagai solusi dengan konsep peer to peer untuk membantu masyarakat kecil. Dibuat dengan ide dan semangat ‘warga bantu warga’ , AtmaGo berharap aplikasi ini dapat membantu mewujudkan lingkungan yang lebih baik, langsung dari masyarakat paling bawah.

     Fakta menarik lainnya tentang AtmaGo ialah sejak tahun 2015, AtmaGo sudah memiliki 260.000 pengguna dan terus bertambah setiap harinya. Informasi yang dibagikan pun beragam, mulai dari kabar aktual tentang bencana, informasi lalu lintas, perbaikan jalan, lowongan kerja, perumahan, hingga informasi untuk mencegah kejahatan. Pengguna AtmaGo pun tidak kalah ragam, mulai dari agensi pemerintah, komunitas-komunitas, hingga masyarakat umum. Tidak hanya sharing masalah lho, AtmaGo juga bisa jadi tempat untuk sharing solusi dari masalah-masalah yang kita temukan di tengah masyarakat. Kalau menurut saya sih, ini seperti konsep gotong royong versi modern hehe




   Berbicara dampak, banyak pengguna mengaku memperoleh banyak manfaat dengan menggunakan aplikasi ini. Beberapa di antaranya adalah manfaat keamanan, manfaat pendidikan, wirausaha, dan manfaat siaga bencana. Salah satu contoh manfaat kemanan yang pernah dirasakan pengguna adalah saat terjadinya peristiwa terror sarinah di Jakarta. Lewat AtmaGo, pengguna saling tolong menolong dengan membagikan peringatan dan informasi tentang pengeboman dalam waktu yang cepat. Manfaat lainnya yang pernah dirasakan pengguna AtmaGo adalah pada saat bencana banjir Jakarta 2015 silam. Bahkan sebelum media besar memberitakan dan menyebarkan bencana banjir tersebut, masyarakat sudah saling tukar informasi dan tolong menolong lewat AtmaGo. Menarik bukan?

      Selain fakta bahwa aplikasi ini adalah sarana warga untuk membantu warga lainnya, saya merasa bahwa aplikasi ini juga sangat berguna sekali untuk pemerintah. Kenapa? Ini adalah media yang sangat local friendly dan merakyat. Pemerintah bisa manfaatkan aplikasi AtmaGo untuk memonitor aktivitas atau kejadian dan kondisi terkini warganya secara real time. Aplikasi ini bisa memungkinkan pemerintah untuk cepat tanggap untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan rakyat, khususnya rakyat kecil yang kurang beruntung. Hal menarik lainnya yang saya temukan dalam aplikasi AtmaGo ini adalah keberpihakan mereka pada rakyat kecil. Aplikasi ini hadir sebagai media komunikasi anti mainstream. Tidak seperti media pada umumnya yang berorientasi pada materi dan kehilangan ruh nya sebagai pilar demokrasi yang keempat.



        Kesimpulannya, saya sangat merekomendasikan teman-teman sekalian untuk mencoba aplikasi AtmaGo ini. Saya sendiri sudah menggunakan dan merasa tidak ada kesulitan dalam megoperasikannya. Dibuat sangat user friendly, memudahkan kita untuk bisa saling berbagi dan tolong menolong. Di tengah-tengah era yang sudah mulai krisis kepercayaan terhadap sesama manusia dan krisis nilai-nilai kebaikan, saya menilai positif dan sangat mendukung media komunikasi yang merakyat ini. Yuk mari, saling tolong menolong lewat aplikasi ini. Bagi kamu yang belum punya, bisa di download di sini ya.





*tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog AtmaGo


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.