Menjadi Generasi Milenal Produktif Bersama Dewaweb




















Saya yakin di antara teman-teman pembaca semua banyak yang sudah tahu apa itu generasi milenial. Namun, bagi yang belum tahu, seperti percakapan di atas hehe tenang saja! Di sini kita bakal bahas tuntas siapa sih generasi milenial itu? apa saja ciri-cirinya?

Menurut peneliti sosial, generasi milenial itu adalah mereka yang lahir dalam rentang tahun 1980-2000. Artinya, saat ini generasi milenial berusia 17-37 tahun. Generasi Milenial dikenal dengan banyak sebutan, di antaranya generasi Y, generasi digital natives, generasi Me, generasi Rent, dan generasi Echo Boomer. Banyak sekali ya? Benar sekali! Hal ini karena generasi milenial merupakan generasi yang paling banyak diperbincangkan hingga saat ini alias generasi populer. Sehingga banyak istilah-istilah yang muncul untuk menggambarkan karakteristik generasi ini.

Lahir bersamaan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat menjadikan generasi milenial ini unik dibandingkan dengan generasi-generasi yang lahir sebelumnya. Hampir seluruh aktivitas para milenial melibatkan teknologi infomasi dan komunikasi, khususnya internet, dalam keseharian mereka. Hal ini banyak memberi pengaruh, tidak hanya bagi milenial itu sendiri, tetapi juga mempengaruhi tatanan dunia sosial, politik, ekonomi, dan lainnya.


sumber : whymillenialsmatter.com dan freepik.com

Agar lebih kenal dengan milenial, berikut beberapa karakteristik khas milenial yang saya rangkum dari luckyattitude.co.uk;

  1. Milenial itu sudah pasti akrab dengan teknologi.
  2. Wajib punya medsos.
  3. Mereka berorientasi pada kepentingan sipil/masyarakat.
  4. Mereka adalah konsumen yang cerdas, mementingkan nilai-nilai ekologis produk, kesehatan, dan kesejahteraan pekerja penghasil produk.
  5. Milenial lebih condong merasa menjadi warga dunia (global citizens) dan berupaya membuat dunia lebih baik.
  6. Mereka suka melakukan aktivitas volunteering (kerelawanan).
  7. Mereka bebas, suka berpetualang.
  8. Dan kebanyakan ingin menjadi pekerja mandiri atau wirausaha.


Mungkin ada yang bertanya, apa pentingnya membahas generasi milenial?

Jawabannya adalah PENTING SEKALI! Khususnya generasi milenial Indonesia. Karena  diperkirakan pada tahun 2020 mendatang, penduduk Indonesia akan didominasi oleh penduduk dengan usia produktif, yaitu para milenial. Kualitas dan produktivitas milenial menetukan masa depan negara kita. Kalau teman-teman adalah salah satu generasi milenial tersebut, harus ikut bertanggung jawab memberikan yang terbaik demi masa depan bangsa hihi.

Caranya bagaimana? Tidak seperti para pendahulu kita, kamu tidak perlu repot-repot mencari bambu runcing dan berperang melawan penjajah. Kamu bisa mulai dengan cara-cara sederhana, misalnya semakin giat belajar dan berprestasi, kalau sebelumnya sering membuang-buang waktu untuk hal-hal yang tidak berguna seperti candu medsos, coba mulai kurangi. Sebenarnya jika dimanfaatkan dengan baik, internet memilki banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh oleh generasi milenial. Faktanya, banyak anak-anak muda sukses saat ini hanya dengan bermodalkan internet.

Sekedar informasi bagi teman-teman, menurut penelitian yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2016, pengguna internet di Indonesia didominasi oleh generasi milenial. 80 persen atau sekitar 24 juta pengguna internet berusia 25-29 tahun, dan sekitar 72 persen pengguna berusia 30-34 tahun. Sedangkan jenis konten yang sering diakses adalah media sosial sebanyak 97,4 persen, khususnya facebook, dengan pengguna hingga 71,6 juta pengguna.

sumber : apjii.or.id
Dari penelitian di atas kita peroleh fakta bahwa milenial Indonesia hampir selalu terhubung dengan internet dan penggunaannya sebagian besar adalah untuk media sosial. Sayangnya dari kenyataan di lapangan sering kali kita lihat bahwa penggunaan media sosial atau internet milenial masa kini masih jauh dari produktif. Bukan tidak ada yang produktif, ADA tentunya. Tetapi masih banyak juga generasi muda Indonesia yang menggunakan internet untuk hal-hal tidak berguna, lebih parah malah menimbulkan masalah. Seperti membully teman, menyebarkan pesan-pesan penuh kebencian, korban penipuan, dan sebagainya. Alangkah, indahnya kalau pengguna internet Indonesia, yang didominasi oleh generasi milenial, mulai melakukan hal-hal produktif dengan internet. 


sumber : bbc.com dan liputan6.com


Mulai dari mana?

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Nah, di sini saya mau ajak teman-teman untuk mulai menjadi generasi milenial produktif dengan menggunakan kecanggihan teknologi digital yang kita miliki saat ini. Di bawah ini beberapa aktivitas positif yang bisa teman-teman lakukan dengan internet :

Blogging

Apa sih yang bisa kamu lakuin dengan blogging/website? Jangan ditanya, banyak banget!
Memangnya nggak bisa pakai media sosial lain seperti facebook, instagram? bisa sih, tetapi website/blog memiliki jangkauan lebih luas terlebih-lebih jika blog atau website kamu muncul di mesin pencari seperti Google. Terus aku ngapain ya di blog? Macem-macem dong, blogging bisa membantu kamu untuk membentuk personal branding alias menjual kualitas dan keahlian diri kamu. Misalnya nih, kalau kamu jago gambar, nggak ada salahnya tuh kamu buat personal portofolio di website/blog kamu. Banyak kesempatan bisa muncul lho teman-teman.

Selain itu, banyak juga perusahaan atau instansi yang menyuruh kamu melampirkan website pribadi pada saat melamar pekerjaan. Bisa kebayangkan gimana penilaian mereka kalau isi website kamu hanya curhatan nggak jelas, apalagi isinya kebanyakan keluhan hehe. Tetapi, sebaliknya bisa jadi poin tambahan kalau ternyata konten-konten di website kamu penuh dengan karya. Punya website/blog juga bisa menambah uang sakumu lho! Saat ini banyak sekali lomba-lomba blog yang tidak hanya melatih kemampuan menulis mu, tapi juga bisa nambah uang saku jika menang. Lumayan kan dibandingka ngoceh-ngoceh nggak jelas habisin waktu di facebook.

Di bawah ini beberapa cara umum untuk memperoleh penghasilan lewat website yang di ambil dari websitesetup.org :

sumber : websitesetup.org




Bisnis Online

Meski sudah disebutkan di dalam gambar di atas, dengan website kamu bisa membuat e-commerce, tetapi saya secara khusus ingin membahas ini salah satu prospek yang sangat menjanjikan bagi para generasi milenial untuk memperoleh penghasilan. Kenapa? Berdasarkan survei APJII yang telah saya tampilkan di atas, onlineshop merupakan konten komersial yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna internet indonesia, yaitu 62 % atau 82,2 juta pengguna. Bayangkan betapa luasnya jangkauan konsumen yang bisa kamu raih dengan memiliki usaha online, itu masih cakupan indonesia lho teman-teman. Makanya, penting sekali buat kamu yang punya bisnis atau yang hendak memulai untuk memiliki website, bisa-bisa kamu punya konsumen dari berbagai penjuru dunia! Tentunya kalau kamu memiliki produk dengan kualitas yang mantap dong teman-teman hehe.

Nah, bicara soal website, kamu nggak boleh sembarangan pilih jasa hosting. Punya website itu bukan berarti kamu bikin terus selesai, berdoa semoga ada yang ngunjungin website kamu. Bukan gitu, apalagi websitenya nih berhubungan dengan bisnis online milik kamu, harus hati-hati memilih penyedia jasa hosting yang bisa bantu kamu mengingkatkan penjualan. Nah, itu dia yang bikin bingung! Eits jangan bingung-bingung, jadi milenial produktif itu harus punya mental baja untuk maju hehe dan mau mencari tahu. Nih saya bantu kasih referensi penyedia jasa web hosting yang menurut aku lain dari pada yang lain, yaitu dewaweb.


Kenapa dewaweb?


sumber : dewaweb.com







Maaf nih ya bukannya lebay, jujur saat pertama kali membuka website dewaweb, saya merasa sangat tertarik. Dari tampilannya saja kita bisa tahu kalau dewaweb itu beda dengan penyedia jasa web hosting lain. Kalau nggak percaya coba deh kunjungin website dewaweb. Dan setelah saya pelajari ternyata pelayanan dewaweb memang banyak yang lebih menarik dibanding penyedia jasa hosting yang saya tahu. Jujur saya sendiri dulunya pernah pakai jasa hosting untuk sebuah projek, tetapi sudah berhenti. Setelah saya bandingkan dengan pelayanan yang ditawarkan dewaweb, wahh banyak yang tidak saya dapatkan dengan hosting website saya dulu.

Dewaweb beda karena :
  1. Penyedia cloud hosting pertama termurah di Indonesia, berbeda dengan sistem kerja hosting tradisional, dengan dewaweb kamu nggak bakal mengalami lagi yang namanya kemacetan lalu lintas dalam server.
  2. Terhindar dari bahaya hacker dan malware.
  3. Nggak ada yang namanya server down.
  4. Website dihosting di sekumpulan server (cloud) dan no single point of failure.
  5. Ada self-healing network, maximum uptime untuk webiste kita.
  6. dewaweb memiliki Super-fast SSD untuk mempercepat loading website.
  7. Cloud server dan network dewaweb bisa menangani traffic website sebesar apapun.
  8. dewaweb memiliki time machine backup, yang bisa merestore data website dengan mudah.
  9. Aplikasi web berjalan lebih cepat di dewaweb, hingga 40 kali lebih cepat.
  10. Tersedia HTTP/2, protokol web generasi terbaru yang lebih cepat dan aman.

lebih lengkapnya, kamu harus tonton video di bawah ini :

                                                                         sumber : dewaweb.com

Gimana? sudah lihat kan bagaimana sistem kerja dewaweb, yang sudah pasti membantu kita sekali untuk berkarya tanpa hambatan. Tetapi memang benar lho, sekali pun karya atau produk kamu sudah sangat bagus kalau kamu banyak mendapat kendala dan hambatan dengan website wahh sayang sekali pastinya. Menurutku sih, dewaweb cocok sekali dengan gaya para generasi milenial, murah, pelayanan oke, sering memberikan promo berhadiah, dan yang pasti selalu memberikan bantuan 24 jam dengan pelayanan Ninja Support Online. Mantep banget kan? Kalau begini sih, membantu sekali untuk para milenial terus berkarya, Together with dewaweb, Millenials On The Move! Saatnya kita buktikan anggapan miring tentang milenial itu generasi pemalas, praktis, narsis, dan candu medsos dihilangkan, caranya? Ya, dengan berkarya tentunya!

Ada juga cara lain yang bisa bantu kamu jadi generasi milenial produktif, yaitu hadiri event-event positif yang bisa menambah wawasan dan ilmu kamu, menambah jaringan dengan sesama milenial produktif. Banyak kok event-event seperti itu, salah satunya Marcomm Vol.2. Apa itu event positif untuk para milenial kreatif yang dipersembahkan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Marketing Communication Universitas Esa Unggul pada tanggal 13-15 November nanti di Parkir Timur Universitas Esa Unggul Jakarta. Memangnya ada apa saja di event tersebut? Beragam banget tentunya, ada bazaar produk-produk kreatif milenial, lomba, lomba blog salah satunya, talkshow yang pastinya nambah ilmu kamu sekali. Buat yang di Jakarta ayooo ramaikan dan ajak teman-temanmu, buat yang di luar Jakarta mungkin bisa pantengin eventnya lewat instagram HMJ Marcomm UEU. :)


sumber : instagram.com/officialmarcommueu

                                                                                   
*tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog Marcomm Vol.2 X Dewaweb.
Jumlah kata : 1503

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.